Senin, 06 Juni 2016

EVIDENCE BASE MEDICINE (EBM)


EBM adalah penggunaan teliti, tegas dan bijaksana berbasis bukti saat membuat keputusan tentang perawatan individu pasien. Praktek EBM berarti mengintegrasikan individu dengan keahlian klinis terbaik eksternal yang tersedia bukti dari penelitian sistematis (DL Sackett).
EBM ini digunakan Sebagai Paradigma baru ilmu kedokteran , Dasar praktek kedokteran harus berdasar bukti ilmiah yg terkini dan dipercaya (baik klinis maupun statistik)



Mengapa EBM Diperlukan ?
Infromasi selalu berubah (update) ttg diagnose, prognosis, terapi dan pencegahan, promotif dan rehabilitatif sangat diperlukan dlm praktek sehari-hari
Info tradisional (text book) dianggap tidak layak pada saat ini
Informasi detailer sering keliru dan menyesatkan
Bertambahnya pengalaman klinik kemampuan mendiagnose (clinical judgement) juga meningkat tetapi kemampuan ilmiah serta kinerja klinik menurun secara bermakna.
Meningkatnya jumlah Pasien -> waktu pelayanan semakin banyak -> waktu update ilmu semakin berkurang
Apa sih sebenarnya EBM itu ?
Merupakan Keterpaduan antara :
  1. Bukti ilmiah yg berasal dari studi yg dipercaya (best research evidence)
  2. Keahlian Klinis (clinical expertise)
  3. Nilai-nilai yang ada dalam masyarakat (patient values)
Nah sekarang kita tahu untuk menjadi EBM ternyata tidak cukup mengandalkan bukti ilmiah saja tetapi keahlian klinis dan nilai-nilai yang ada dimasyarakat tetap menjadi suatu pertimbangan yang penting...ok
Selamat bagi teman-teman praktisi yang telah melakukan praktek.... mari kita kembangkan dan kita padukan pengalaman praktek, pengalaman mengelola pasien dan nilai-nilai yang ada dimasyarakat dengan bukti ilmiah ..... dari sini anda punya kontribusi BESAR dalam menyumbangkan keahlian dan kemampuan anda kepada masyarakat.

RAKERNAS HISFARMA NASIONAL
 

Acara rakernas yang digelar tanggal 23-24 Januari 2016 dihadiri lebih dari 700 peserta seminar serta utusan rakernas dari seluruh Indonesia nampak memadati arena Hotel Mercure yang berada di jantung kota pahlawan ini. 

Kegiatan Rakernas juga dibarengkan dengan kegiatan seminar ilmiah yang diisi dengan nara  Narasumber  Drs. Bayu Teja M, MPharm, MM, Apt. Direktur Bina Farmasi Komunitas dan Klinik, Kemenkes RI; BPJS; Praktisi, akademisi baik dari dalam maupun luar negeri.
Acara juga semakin meriah karena setelah pembukaan kegiatan di lantik juga Pengurus Hisfarma Jawa Timur periode 2015-2019 yang merupakan pengurus terpilih hasil Musyawarah Daerah Hisfarma Jawa Timur yang telah diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober 2016.


Rabu, 05 Desember 2012

INGIN LEBIH SEHAT DAN AWET MUDA ?




Sehat dan awet muda  adalah  dambaan  setiap manusia. Perubahan kebiasaan dan pola hidup bisa membuat seseorang menjadi lebih sehat dan awet muda.
Berikut adalah  6 (enam) kebiasaan  yang harus terus menerus yang sahabat blogger lakukan agar tetap sehat dan awet muda :

1. Konsumsi makanan yang sehat dan kurangi fast food
Makanan yang berlemak seperti Fast food, burger, pizza dan kentang goreng   hanya akan membuat berat badan terus bertambah dan juga mempengaruhi keindahan kulit.  Ada banyak makanan sehat yang kaya akan vitamin A, C, E dan B12 yang baik untuk kesehatan anda. Mengkonsumsi makanan yang sehat yang rendah kalori dan kaya akan vitamin seperti sayuran hijau dan buah-buahan sangat dianjurkan agar kulit anda tampak senantiasa bersih dan sehat.

2. Banyak minum Air putih,  Kurangi kafein dan  alkohol.
Jika sel tubuh kita mengalami dehidrasi, maka kita akan mendapatkan lebih banyak keriput. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup disamping juga konsumsi beberapa buah-buahan segar dan sayuran yang kaya kandungan air. Kopi dan alkohol perlu dibatasi asupannya karena dapat memicu dehidrasi dan penuaan.
3. Tidur Yang Cukup
Tidur yang cukup 6-8 jam perhari sangat bagus untuk kesehatan. Tubuh kita akan bekerja menyembuhkan dirinya sendiri saat anda tertidur. Selain itu juga dapat menghilangkan stress karena orang yang kurang tidur kadar kortisol (hormon stress) akan 50% lebih banyak di aliran darah dibanding mereka yang tidur cukup. Istirahat  Tanpa tidur yang cukup sistem kekebalan tubuh kita lebih lemah.

4. Olah Raga
Orang yang rajin berolahraga akan mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik. Selain itu olahraga juga mempunyai banyak manfaat lainnya seperti memperlancar aliran darah ke otak, metabolisme dan regenerasi sel-sel tubuh terjadi lebih cepat sehingga membuat awet muda, olahraga rutin secara teratur dan tepat menjaga tubuh kita dari tumpukan lemak sumber penyakit, dan meningkatkan rasa percaya diri.

5. Berhenti merokok
Bila anda perokok,  berhenti merokok  adalah solusi terbaik. Sudah  terlalu sering kita dengar  merokok terbukti meningkatkan resiko penyakit jantung bahkan kanker dan juga mempengaruhi hampir semua organ vital dalam tubuh manusia spt  paru-paru, hati, juga organ lainnya.

6. Berpikir positif dan Jauhkan diri dari stress
Selalu berpikir positif akan membuat anda merasa bahagia dan dengan begitu kesehatan rohani anda lebih terjaga. Berpikirlah positif dan optimis serta senantiasa bersyukur terhadap nikmat yang diberikan tuhan. Dan sambutlah masa depan yang lebih cerah dengan penuh semangat.
Nah sahabat Blogger sudahkah sahabat melakukannya kalau belum, tidak ada jeleknya kita coba sebelum dokter menyarankan anda untuk melakukannya.... ok